Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kabupaten Malang Memperkuat Kapasitas Penanganan Pelanggaran dan Melangkah ke Era Digitalisasi

Peningkatan Kapasitas PP Datin

WONOSARI -  Bawaslu Kabupaten Malang menggelar acara penguatan kapasitas untuk penanganan pelanggaran dan digitalisasi data di Lembah Indah Malang. Acara ini dihadiri oleh anggota Bawaslu Kabupaten Malang, staf, serta mahasiswa magang dari Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Brawijaya dan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang yang dilaksanakan selama Hari Senin-Selasa (22-23/07/2024).

Dua hari penuh dipenuhi dengan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anggota Bawaslu dalam mengidentifikasi, menangani, dan melaporkan pelanggaran yang terkait dengan proses pemilihan. Dalam sesi-sesi pelatihan intensif, anggota Bawaslu diberikan pemahaman mendalam mengenai metode investigasi, pengumpulan bukti, dan proses hukum terkait pelanggaran pemilu. Mereka juga dilatih untuk menggunakan teknologi terbaru dalam digitalisasi data untuk mempercepat analisis dan pelaporan pelanggaran.

Kegiatan dimulai dengan sambutan dari Ketua Bawaslu Kabupaten Malang yang menekankan pentingnya profesionalisme dan independensi dalam menjalankan tugas pengawasan pemilu. Dilanjutkan dengan sesi diskusi dan workshop praktis, di mana para peserta diajak untuk berbagi pengalaman dan strategi dalam menanggapi tantangan dalam pengawasan pemilu.

Sementara itu, Koordinator Divisi Penaganan Pelanggaran dan Data Informasi juga fokus terhadap sistem digitalisasi data Bawaslu Kabupaten Malang. Sistem ini dirancang untuk mengintegrasikan berbagai informasi terkait pelanggaran pemilu secara lebih efisien dan transparan. Diharapkan bahwa dengan adopsi teknologi ini, Bawaslu Kabupaten Malang dapat lebih responsif dalam menanggapi laporan dari masyarakat dan pihak terkait.

Acara ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengawasan pemilu di Kabupaten Malang, tetapi juga sebagai wujud komitmen Bawaslu dalam mendukung penyelenggaraan pemilu yang bersih dan demokratis. Dengan adanya penguatan kapasitas ini, diharapkan masyarakat dapat memiliki kepercayaan yang lebih besar terhadap integritas dan hasil dari proses pemilihan di wilayah tersebut.

Penulis : Nabilla Dzikri Azhari