Lompat ke isi utama

Berita

Halal Bihalal Virtual Bawaslu Jatim, Cara Saling Memaafkan Antar Pengawas Pemilu

Halal Bihalal Virtual Bawaslu Jatim, Cara Saling Memaafkan Antar Pengawas Pemilu

Halal Bihalal adalah tradisi khas Indonesia yang diselenggarakan pasca lebaran. Momentum ini digunakan untuk saling minta maaf. Senin Sore (17/05) Bawaslu se-Jawa Timur selenggarakan halal bihalal secara virtual. Apa saja yang dilakukan?

Ruang tengah kantor di jalan Tanggulangin 3 Surabaya menjadi poros utama dari Bawaslu Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan halal bihalal virtual. Layar proyektor menyorot ke gedung menampilkan Bawaslu Kabupaten/Kota yang mengikuti via Zoom.

Ketua Bawaslu Jatim, Moh Amin menuturkan halal bihalal sebagai forum untuk saling memaafkan

“Marilah kita sepakati, kita kondisi sekarang kosong-kosong dengan niat tidak mengulangi kesalahan yang kita lakukan. Mudah-mudahan hubungan kita antar sesama manusia sudah saling memaafkan,” tuturnya dari sambungan virtual.

Alumni UIN Sunan Ampel Surabaya ini menceritakan bahwa setidaknya ada dua relasi bagi manusia.

“Kita memiliki relasi dengan Allah dan manusia. Dosa pada Allah kita memohon ampun langsung kepada-Nya. Tetapi dosa antar sesama manusia harus lewat saling memaafkan,” tambahnya.

Untuk bisa menghapus dosa antar sesama, maka medium yang digunakan menurut Amin lewat halal bihalal.

“Saya atas nama pribadi dan Ketua Bawaslu Jatim mohon maaf yang sebesar-besarnya atas dosa kami. Tentu ini tidak dapat terhapuskan bila tanpa maaf dari Bapak/Ibu semua,” tuturnya.

Setelah Ketua Bawaslu Jatim menyampaikan sambutan, dilanjutkan secara bergilir oleh Anggota Bawaslu Jatim. Dimulai dari Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga, Aang Kunaifi, dilanjutkan oleh Koordinator Divisi Hubungan Masyarakat, Nur Elya Anggraini. Kemudian Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Muh Ikhwanuddin Alfianto.

Setelah itu, diteruskan oleh Koordinator Divisi Organisasi, Eka Rahmawati, dan dipungkasi oleh Koordinatoor Divisi Penyelesaian Sengkata, Totok Hariyono. Sementara perwakilan Bawaslu di tingkat Kabupaten dan Kota juga menyampaikan mohon maaf secara virtual.

Selepas saling melempar kata maaf, tampak seluruh pegawai dilingkungan Bawaslu Jatim saling bersalaman sesuai dengan protokol kesehatan.