Lompat ke isi utama

Berita

Jelang Tahapan Pemilihan Bawaslu Laksanakan Tes Tertulis CAT Panwaslu Kecamatan se Kabupaten Malang

Dokumentasi Tes Tulis Panwascam

MALANG, Bawaslu Kabupaten Malang – Bawaslu menggelar kegiatan tahapan pendaftaran panwaslu kecamatan yakni tahapan tes tertulis CAT yang bertempatan di Kantor BKPSDM yang berlokasi di Kota Malang pada Selasa (14/05/2024). Kegiatan tersebut berjalan dengan sangat baik dan berhasil terkoordinasi dengan baik pula. Pelaksanaan tahapan pendaftaran calon anggota panwaslu kecamatan Kabupaten Malang ini berlangsung dengan alur yang pertama adalah seluruh peserta melakukan registrasi kehadiran dengan pengecekan kelengkapan berkas serta menandatangani daftar hadir peserta.

Setelah melakukan registrasi, para peserta diwajibkan untuk menitipkan barang-barang mereka seperti tas dan ponsel ke rak penitipan barang yang telah disediakan sesuai dengan nomor urut peserta. Kemudian peserta dipersilakan untuk duduk di ruang tunggu sebelum nama peserta dipanggil menuju ke ruang ujian tes tertulis. Setelah itu, peserta baru diperbolehkan memasuki ruangan tes tulis CAT. Peserta dipersilahkan untuk melepas sepatunya masing-masing dan diletakkan pada rak sepatu yang telah disediakan sesuai dengan nomor urut peserta. Karena alur tahapan sudah ditata dengan rapi, maka kegiatan berjalan dengan kondusif.

Tahapan pendaftaran tes tertulis CAT berlangsung pada pukul 08.30 WIB, yang mana kegiatan dilakukan dengan memasuki ruangan dan mengikuti arahan peraturan mulai pembacaan tata tertib pengerjaan hingga tata cara mengerjakan soal tes tulis dari panitia. Pada pukul 9 tepat, tes tulis dimulai dan seluruh peserta dengan serentak mengerjakan persoalan yang menjadi tes penguji calon anggota panwaslu kecamatan. Tes tulis tersebut terdiri atas dua jenis tes tulis. Diantaranya terdapat jenis soal yang pertama adalah  terkait tes tulis berbasis CAT yang terdiri dari 100 soal dalam bentuk pilihan ganda dan yang kedua dalam bentuk essay yang terdiri dari 10 soal.

            Selama masa pengerjaan tes tulis CAT, staf Bawaslu Kabupaten Malang selaku panitia dengan semangat menyambut kedatangan peserta di dalam ruang tes serta dengan sigap melaksanakan pengawasan terhadap jalannya kegiatan. Tidak hanya staf yang bertugas dalam hal pengawasan, namun pimpinan Bawaslu Kabupaten Malang juga ikut serta dalam proses pengawasan tes CAT penguji calon anggota panwaslu kecamatan. 

Penulis 1 : Alfena Sherlya Putri Permata

Penulis 2 : Azzahra Cahya Citra

Editor : Alifathul Zuhriyah