Lompat ke isi utama

Berita

Optimalkan Kinerja Kesekretariatan: Bawaslu Malang Gelar Rapat Koordinasi Dan Evaluasi Panwaslu Kecamatan

Foto Bersama

Singosari, (Bawaslu Kabupaten Malang) – Sebagai langkah mengkoordinasikan tindakan operasional Kesekretariatan Panwaslu Kecamatan, Bawaslu Kabupaten Malang menyelenggarakan Rapat Koordinasi dan Evaluasi Kesekretariatan Panwaslu Kecamatan di Hotel Solaris Malang pada tanggal 17 hingga 18 November 2023.

Hadir dalam kegiatan ini yakni, Koordinator Sekretariat, Trimuda Ancas Wicaksono., Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia, Diklat dan Organisasi, Kurninsjah Hari Cahyono., Koordinator Divisi Penanangan Pelanggaran Data dan Informasi., Abdul Allam Amrullah, Bendahara Pengeluaran Pembantu., Galih Agung Triwibowo.

Gadis Cornelia Agatha, selaku pejabat Inspektorat Kabupaten Malang, turut serta sebagai narasumber dalam acara ini dengan memberikan pemaparan materi mengenai Penyusunan Laporan Pertanggung Jawaban.

Tujuan dari penyelenggaraan kegiatan ini adalah untuk memastikan bahwa semua Kesekretariatan Panwaslu Kecamatan di Kabupaten Malang sesuai dengan strategi dan tujuan operasional yang telah ditetapkan. Selain itu, Galih sebagai Bendahara Pengeluaran Pembantu, melakukan evaluasi kinerja Kesekretariatan untuk memastikan peningkatan kualitas layanan dalam pelaksanaan tugas pemantauan dan pengawasan di tingkat kecamatan.

Ancas, selaku Koordinator Sekretariat, juga menyoroti tindakan pencegahan terhadap temuan auditor dalam pelaksanaan anggaran. Sebelumnya, pada Bawaslu Provinsi lain, ditemukan penggunaan rekening pribadi sebagai rekening perantara untuk pengembalian sisa belanja langsung (LS) dan tambahan uang persediaan (TUP) dari Bawaslu Kabupaten/Kota. Hal ini dianggap sebagai kesalahan administrasi. Sehingga Ancas berharap Panwaslu Kecamatan di Kabupaten Malang dapat lebih berhati-hati akan hal tersebut karena dapat merugikan Negara.

Dalam penutupan acara, Allam, yang menjabat sebagai Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Data dan Informasi, menyatakan bahwa kita akan segera memasuki masa kampanye, di mana perbedaan pendapat atau ketidakcocokan antarindividu mungkin akan muncul. Hal ini dianggap wajar, namun, ia mengajak untuk menekankan kesamaan agar beban kerja tidak terlalu berat.

Allam juga menekankan pentingnya bekerja sama agar pelaksanaan pemilu berjalan lebih baik dan lancar, sehingga saling mendukung dan bekerjasama satu sama lain.

“Kita disini sama-sama mengabdi untuk negara, mensukseskan pemilu, mari kita perbanyak titik temunya, saya menyakini silaturahmi tidak berhenti hanya di Panwas atau Bawaslu saja, mari kita sukseskan Pemilu 2024, karna ini episodenya tidak selesai, abis Pemilu kita akan ada Pilkada” tutupnya.

Selain pemaparan materi, Bawaslu Kabupaten Malang juga telah menyiapkan penghargaan kategori Pengelolaan Kesekretariatan Terbaik, yang diraih oleh : Panwaslu Kecamatan Jabung, Panwaslu Kecamatan Wajak, dan Panwaslu Kecamatan

Harapannya, melalui pemberian penghargaan ini, Panitia Pengawas PemiluKecamatan di Bawaslu Kabupaten Malang semakin termotivasi untuk meningkatkan kualitas pengelolaan kesekretariatan mereka.

Penulis dan Foto : Ririn Puji Lestari

Editor : Nabilla Dzikri Azhari