Lompat ke isi utama

Berita

Sepekan Bawaslu se-Jatim; Semesta Kolaborasi untuk Pengawasan Partisipatif

Sepekan Bawaslu se-Jatim; Semesta Kolaborasi untuk Pengawasan Partisipatif

Selama sepekan, Bawaslu di tingkat Kabupaten/Kota melakukan sejumlah kerjasama dengan lembaga lain yang bertujuan meningkatkan pengawasan partisipatif. Kamis lalu, dipungkasi dengan kolaborasi penyelenggara se-Jatim dalam Nuzulul Qur’an.

Selasa (4/05) Bawaslu Kota Mojokerto kerjasama dengan Dinas Pendidikan menyasar siswa sekolah lanjutan tingkat atas.

Ketua Bawaslu Kota Mojokerto memilih siswa sebagai sasaran karena kuantitasnya besar.

“Sekitar 13 ribu siswa tingkat menengah atas. Potensi yang cukup besar untuk memberikan kesadaran akan demokrasi,”terangnya

Pada hari yang sama, Bawaslu Kota Probolinggo kongkritkan kerjasama dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Panca Marga dengan memberikan pemahaman kepada kelompok mahasiswa.

“Segera kami kongkritkan untuk pendidikan politik yang akan dikemas dengan webinar pada mahasiswa FISIP,” tuturnya.

Sehari setelahnya, Bawaslu Kabupaten Mojokerto kerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Mojokerto. Ketua Bawaslu Kabupaten Mojokerto, Aris F As’ad mengungkapkan kerjasama ini berpola pada pengembangan pengawasan partisipatif.

“Bawaslu Kabupaten Mojokerto dengan media sebenarnya sudah duduk lama. Dalam konteks informasi politik nasional dan lokal, maka teman-teman media yang sangat memahami. Kerjasama dini diharapkan akan memberikan manfaat untuk pengawasan partisipatif,” terangnya

Kolaborasi lainnya adalah peringatan Nuzulul Qur’an bersama dengan KPU se-Jawa Timur. Bukan hanya untuk sinergi yang terbangun, tetapi juga upaya menuju manusia terbaik sesuai dengan perintah al-Qur’an.