Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kab Malang Awasi Penyerahan Syarat Dukungan Bacalon Perseorangan

Bawaslu Kab Malang Awasi Penyerahan Syarat Dukungan Bacalon Perseorangan

Pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Malang Tahun 2020 Heri Cahyono dan Gunadi Handoko bersama timnya telah menyerahkan syarat dukungan Jumat (21/2/2020) siang.

Penyerahan syarat dukungan dari masyarakat yang telah memiliki E-KTP sebanyak 133.382 terdiri dari 61 kontener dari persyaratan dukungan 129.796 E-KTP sesuai ketentuan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota Pasal 41 ayat (2) dukungan paling sedikit 6,5 persen dari jumlah penduduk Kabupaten Malang yang termuat pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) lebih dari 1 juta jiwa.

Penyerahan syarat dukungan di sertai foto copy B1 KWK dan sebanyak 33 kecamatan yang ada di Kabupaten Malang, padahal syaratnya hanya tersebar lebih dari 50 persen dari jumlah kecamatan yaitu sebanyak 17 kecamatan.

Persyaratan ini, akan dicocokan dengan Sistem Informasi Pencalonan (Silon). KPU Kabupaten Malang memberi waktu hingga tanggal 23 Pebruari, dan ternyata pada hari kedua tim sekretariat KPU telah menerima dan telah ditandatangani Berita Acara (BA) pada jam 00.15 Minggu Pagi oleh Komisioner KPU lengkap, selanjutnya akan meneliti kebenaran administrasi sesuai persyaratan dukungan perorang.

Hadir dalam pengawasan selama dua hari oleh komisioner yang lengkap Ketua Bawaslu Kabupaten Malang Mohamad Wahyudi yang juga Koordinasi Divisi Pengawasan, Koordiv Penanganan Pelanggaran George da Silva, Koordiv SDM dan Organisasi Umar Kayyan, Koordiv Penyelesaian Sengketa Mohamad Allam, dan Koordiv Hukum dan Hubungan Antar Lembaga, Mohamad Hazairin beserta staf.

Heri Chahyono mengatakan bersyukur dukungan dari masyarakat yang begitu banyak. "Kami masih memiliki cadangan yang banyak di kantor sebagai persyaratan untuk mengisi apabila ada kekurangan", ujar Heri, yang mempunyai moto "Malang Jejeg".

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Malang Anis Suhartini mengatakan, hasil rekapitulasi ini guna mencocokan jumlah berkas dukungan yang diserahkan sesuai dengan Silon atau tidak (George)