Lompat ke isi utama

Berita

Halal bi Halal, Ketua Bawaslu berbicara tentang tantangan berat pilkada 2020

Halal bi Halal,  Ketua Bawaslu berbicara tentang tantangan berat pilkada 2020

Dalam gelaran Halal bi Halal Bawaslu dan Persiapan Pengawasan Lanjutan yang dilakukan secara streaming hari ini, Ketua Bawaslu Abhan menjelaskan tantangan pada pemilihan covid sangat berat.Kita hadir menjadi penyelenggara pemilu yang tidak pernah dialami sebelumnya. Termasuk pada pemilu 2019, dengan 5 kotak suara merupakan pemilu pertama.

Dalam sambutannya Abhan ketua bawaslu Ri menjelaskan pemilihan yang akan diselenggarakan pada 9 desember 2020. Secara hukum sudah di sahkan. Sudah legal, tinggal keputusan kpu untuk membuat sk pemilihan lanjutan.

Putaran pemilihan kepala daerah yang pada tahun 2020 ini menginjak periode ke 4 juga menjadi pengalaman karena bersamaan dengan covid. "Belum tentu berulang pada tahun selanjutnya bahkan sampai kita mati." Jelasnya.

"Ini adalah sejarah, Kita mengajak untuk tetap semangat dan waspada. Kita tidak akan membiarkan begitu saja tanpa adanya perlindungan yang memadai pada pelaksana pengawasan pada tahapan pemilihan tahun 2020" imbuhnya

Bawaslu berupaya bagaimana negara memberikan jaminan keselamatan kepada pengawasan. Khususnya pada lembaga ad hoc pada jajaran panwas kecamatan, pengawas desa, dan pengawas TPS.

" Yang jelas kita harus pastikan kawal keselamatan pengawas pemilihan di masa pandemi" jelasnya.

Pada sambutan lain, Ratna Dewi Petalolo menyampaikan bahwa "Bawaslu Sehat, Pilkada Berkualitas".