Lompat ke isi utama

Berita

Ngabuburit Online 3 : Pentingnya Relasi Antarlembaga di Bawaslu

Ngabuburit Online 3 : Pentingnya Relasi Antarlembaga di Bawaslu

Sadar akan pentingnya peran relasi antarlembaga bagi lembaga Pengawas Pemilu terutama menjelang Pilkada 2020, Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur melalui ngabubuit online melakukan bimbingan teknis kepada Bawaslu Kabupaten/Kota untuk memperkuat peran Humas dan Hubal dalam lembaga Bawaslu.

Bimtek yang juga disiarkan secara online melalui youtube channel Bawaslu Jatim ini menghadirkan narasumber Anggota Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan, Syaiful Jihad, serta dibuka langsung oleh Anggota Bawaslu Jawa Timur, Nur Elya Anggraini, Rabu (13/5).

Dalam acar tersebut menjabarkan bahwa Peran kehumasan Bawaslu tidak sebatas dalam penyampaian informasi kepada publik. Namun juga menjalin relasi dengan berbagai lembaga. Oleh sebab itu, praktisi kehumasan harus memahami dan menguasai substansi persoalan serta mempersiapkan berbagai strategi untuk membangun reputasi lembaga.

Dalam Pemaparan Syaiful Jihad yang juga merupakan peraih Kehumasan terbaik dalam Bawaslu Award 2019 ini menyampaikan bahwa dalam lembaga Bawaslu membangun hubungan yang baik dengan masyarakat serta lembaga merupakan sebuah tantangan bagi tugas  dan fungsi humas dan Hubal, untuk itu ia menyebutkan humas harus mempunyai banyak strategi dan metode pendekatan.

Masih kata Syaiful, Bawaslu sebagai lembaga pengawas harus mampu membangun sinergisitas dengan berbagai institusi serta lembaga, seperti dengan kampus yang merupakan mitra strategis dalam upaya mensosialisasikan pengawasan partisipatif, serta beberapa organisasi kemasyarakatan, tokoh keagamaan, media serta tokoh adat untuk sosialisasi menolak praktik money politik.

“Selain itu kita juga dapat menggandeng lembaga negara seperti kepolisian untuk bekerjasama melakukan kampanye pencegahan terhadap tindak pidana Pemilihan,” terang Syaiful.(khms)