Lompat ke isi utama

Berita

BAWASLU AJAK SISWA SMAN 1 LAWANG AWASI PEMILU 2024

BAWASLU AJAK SISWA SMAN 1 LAWANG AWASI PEMILU 2024

Malang (Bawaslu Kab. Malang) – Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Humas Bawaslu Kabupaten Malang, Muhamad Hazairin pagi ini hadir sebagai narasumber pada kegiatan “Sosialisasi Pemilihan Umum 2024 : Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMA Negeri 1 Lawang. Sosialisasi ini melibatkan siswa kelas X. (06/09/2023)
Sebagai bagian dari bentuk pengawasan, Hazairin mengungkapkan bahwa masyarakat juga dituntut aktif dalam mengawasi dan melaporkan pelanggaran yang dilakukan pada kegiatan penyelenggaraan pemilu, begitu pun dengan siswa-siswi SMA Negeri 1 Lawang.
Kenapa pemilu harus diawasi karna semua orang memiliki potensi untuk melakukan kecurangan, bahkan saat diawasi pun tetap akan ada pelanggaran, maka disinilah diharapkan peran siswa-siswi dan masyarakat semua untuk dapat membantu Bawaslu dalam hal pengawasan partisipatif.
Hazairin lebih lanjut memaparkan terkait jenis-jenis pengawasan yang dapat dilakukan siswa-siswi semua yakni dengan cara pengawasan langsung dan tidak langsung. Baik melakukan pengawasan sendiri ataupun bergabung bersama lembaga pemantau.
Adapun pengawasan langsung yaitu dengan mendatangi tempat kejadian dan pengawasan tidak langsung dengan aktif mencari dan menjaring berita hoax dari media masa dengan harapan masyarakat dapat melaporankan pelanggaran pemilu kepada Bawaslu.
“Pemilu adalah tentang kita semua bukan hanya tentang penyelenggara saja, teman-teman adalah bagian dari kami, maka dari itu Bawaslu butuh bantuan dari teman-teman semua untuk turut mengawasi” tegasnya.
Melalui kegiatan ini Hazairin berharap dapat membangun kesadaran siswa-siswi SMAN 1 Lawang terkait pentingnya partisipasi masyarakat dalam mengawasi pemilihan umum, agar sesuai dengan slogan bawaslu “Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakan Keadilan Pemilu”.
Kegiatan yang berlagsung selama kurang lebih 1 jam tersebut berlansung dengan lancar terlihat dari antusias siswa-siswi SMAN 1 Lawang yang aktif bertanya saat sesi tanya jawab berlangsung.