Lompat ke isi utama

Berita

TIM BIRO KEUANGAN DAN BMN BAWASLU RI LAKUKAN MONITORING PENYALURAN DANA TAHAPAN PEMILU BAWASLU KABUPATEN MALANG

TIM BIRO KEUANGAN DAN BMN BAWASLU RI LAKUKAN MONITORING PENYALURAN DANA TAHAPAN PEMILU BAWASLU KABUPATEN MALANG

KEPANJEN, Bawaslu Kabupaten Malang – Tim Monitoring Biro Keuangan dan BMN Bawaslu RI serta didampingi Bawaslu Provinsi Jawa Timur di Kantor Sekretariat Bawaslu Kabupaten Malang Jl. Trunojoyo Nomor 10, Kepanjen, Malang Kamis (10/8/2023), melakukan monitoring Penyaluran Dana Tahapan Pemilihan Umum Melalui Rekening Dana Pemilu pada penyelenggaraan tahapan pemilu serentak tahun 2024.

Dalam monitoring ini, Tim Keuangan Bawaslu RI melakukan pemeriksaan baik secara adminsitrasi maupun teknis terkait penyaluran RDP yang dilakukan di sekretariat Bawaslu Kabupaten Malang dan juga pengambilan sampel pelaporan keuangan sekretariat Panwaslu Kecamatan.
Dalam kunjungan di Kabupaten Malang ini, Tim Keuangan melakukan pengecekan kendala penggunaan salah satu rekening Bank sebagai Rekening Dana Pemilu dan masalah-masalah yang mungkin muncul terkait dengan rekening dana Pemilu tersebut. Tim juga melakukan pengecekan terkait prosedur keuangan serta penggunaan Cash Manajemen System (CMS) bank tersebut.
Dari hasil monitoring yang dilakukan, tim Keuangan Bawaslu RI menilai penyaluran dana tahapan pemilihan umum melalui rekening dana Pemilu di Kabupaten Malang tergolong lebih baik dari perkiraan, salah satunya dibuktikan di tingkat kecamatan sudah memiliki SPJ yang terdigitalisasi.
Wahyudi, Ketua Bawaslu Kabupaten Malang yang turut hadir dalam monitoring di Kecamatan berharap apa yang disampaikan Tim Biro Keuangan Bawaslu RI menjadi dasar bagi teman-teman di Sekretariat dalam hal menjawab kendala atau masalah yang selama ini dihadapi Sekretariat.
“Dengan adanya monitoring ini saya berharap kedepan tidak ada masalah dan kendala atau persoalan terkait dengan dana tahapan Pemilu”. Pungkasnya.