Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kabupaten Malang Gelar Rapat Konsolidasi Awal untuk Persiapan Pengawasan Kampanye Bersama Panwaslu Kecamatan dan PKD se Kabupaten Malang

Suasana kegiatan

MALANG – Mendekati tahapan kampanye yang akan berlangsung pada tanggal 25 September 2024 mendatang, Bawaslu Kabupaten Malang menggelar kegiatan Rapat Konsolidasi awal yang melibatkan seluruh jajaran Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwaslu) dan Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) se-Kabupaten Malang. Kegiatan ini dilaksanakan di GOR SMAN 1 Turen. (15/9/2024)

Kegiatan ini turut mengundang Anggota Bawaslu Republik Indonesia Totok Hariyono, S.H., Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Timur Rusmifahrizal Rustam, Muspika Kecamatan Turen serta dihadiri oleh Kepala Sekolah SMAN 1 Turen selaku tuan rumah.

Dalam pertemuan ini, Ketua Bawaslu Kabupaten Malang, Mohammad Wahyudi, S.E.,M.Sos menyampaikan pentingnya sinergi antara Panwaslu Kecamatan dan PKD dalam menjaga netralitas.

Ketua Bawaslu Kabupaten Malang, Mohammad Wahyudi, S.E.,M.Sos

“Kita adakan kegiatan konsolidasi ini untuk mempersiapkan rekan-rekan Panwascam dan PKD untuk dapat semakin memperkuat sinergi dalam kerja-kerja pengawasan. Kita bersama harus dapat memastikan seluruh tahapan kampanye berjalan sesuai dengan peraturan yang berlaku” ungkapnya dalam sambutan pagi tadi.

Ia menekankan bahwa kesiapan dan pemahaman bersama mengenai regulasi kampanye sangat krusial untuk mengantisipasi potensi pelanggaran, mulai dari praktik politik uang, netralitas ASN, hingga penyebaran hoaks yang dapat mempengaruhi kualitas pemilu.

Rusmifahrizal selaku Koordinator Penyelesaian Sengketa Bawaslu Provinsi Jawa Timur juga menambahkan bahwa dengan adanya dua pasangan calon di Kabupaten Malang, ia berharap seluruh jajaran PKD, Panwaslu Kecamatan, dan Bawaslu Kabupaten dapat semakin meningkatkan pengawasannya guna mencegah kemungkinan terjadinya pelanggaran.

Rusmi berharap seluruh peserta bisa mengikuti kegiatan dengan seksama sehingga dapat menjadi bekal dalam pengawasan tahapan kampanye kedepan.

Selain itu, Totok Hariyono merasa sangat beruntung bisa berada ditengah-tengah ratusan Panwascam dan PKD yang memiliki komitmen tinggi terhadap integritas pemilu. 

Dalam pemaparannya, Totok menekankan pentingnya peran Panwascam dan PKD sebagai ujung tombak pengawas pemilu. 

Totok juga memberikan dorongan moral yang kuat, mengingatkan para pengawas tentang tanggung jawab besar mereka dalam menjaga kualitas dan integritas. Ia percaya bahwa dengan semangat dan dedikasi yang tinggi, Panwascam dan PKD dapat memainkan peran vital dalam memastikan proses pemilihan di Kabupaten Malang dapat berjalan bersih dan demokratis.

 

Anggota Bawaslu RI, Totok Hariyono, S.H

“Sebagai pengawas, kita perlu memiliki integritas. Mereka yang benar-benar berjuang untuk demokrasi adalah mereka yang bekerja dengan sungguh-sungguh di lapangan” pesannya.

Dengan semangat yang membara, Totok berharap semua pengawas dapat terus berkolaborasi dan saling mendukung untuk mencapai tujuan bersama.

Memasuki sesi pembekalan, Anggota Bawaslu Kabupaten Malang, Mohammad Wahyudi, Muhamad Hazairin, Tobias Gula Aran, dan Abdul Allam Amrullah, memberikan pemaparan materi sebagai bagian dari kegiatan tersebut. Peserta diberikan materi mendalam mengenai aturan kampanye, metode pengawasan, hingga mekanisme penindakan terhadap pelanggaran. 

Bawaslu menekankan pentingnya sikap proaktif dalam pengawasan, termasuk langkah-langkah preventif untuk mencegah terjadinya pelanggaran sejak dini.

Penulis : Ririn Puji Lestari

Dokumentasi : Humas Bawaslu RI