Lompat ke isi utama

Berita

BAWASLU KABUPATEN MALANG MENGHADIRI KEGIATAN KIRAB PEMILU SERENTAK 2024 DI KANTOR KPU KABUPATEN MALANG

BAWASLU KABUPATEN MALANG MENGHADIRI KEGIATAN KIRAB PEMILU SERENTAK 2024 DI KANTOR KPU KABUPATEN MALANG

KEPANJEN, Bawaslu Kabupaten Malang – Bawaslu Kabupaten Malang menghadiri Kirab Pemilu 2024 di Halaman Kantor KPU Kabupaten Malang pada (30/5/2023). Kegiatan Kirab di KPU Kabupaten Malang merupakan bagian dari kegiatan Kirab Pemilu yang dilangsungkan secara serentak dari Tujuh lokasi di Indonesia. Kegiatan ini sebelumnya telah berlangsung di Kabupaten Pasuruan yang selanjutnya akan dilaksanakan di Kabupaten Malang.


Dalam kegiatan ini, terdapat prosesi penyerahan bendera Kirab kepada KPU Kabupaten Pasuruan kepada KPU Kabupaten Malang. Bawaslu Kabupaten Malang sebagai penyelenggara Pemilu dan pengawas mendapatkan kesempatan untuk menyaksikan prosesi tersebut. Bawaslu Kabupaten Malang bersama FORKOPIMDA (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) dihadiri Bupati Kabupaten Malang, Ketua DPRD Malang, Kapolres Malang, Dandim 0818 dan Kejaksaan Negeri Kabupaten Malang melaksanakan deklarasi Pemilu sebagai sarana integrasi bangsa yang diwujudkan dalam penandatanganan kesepahaman bersama. Kegiatan Kirab Pemilu ini, Bupati Kabupaten Malang Drs. H. M. Sanusi, M.M. penyemangat bagi segenap seluruh penyelenggara Pemilu untuk terus berjuang dalam proses Pemilu 2024. “Satukan niat, satukan tujuan, satukan semangat, dan komitmen untuk membangun bangsa”, ujar Drs. H. M. Sanusi, M.M.


Drs. H. M. Sanusi, M.M. juga menekankan bahwa seluruh petugas PPK dilindungi pemerintah dalam bekerja melalui BPJS. Selanjutnya Sambutan dari Anggota KPU Provinsi Jawa Timur (Gogot) menekankan dengan adanya kirab Pemilu diharapkan meningkatkan rasa voluntary atau kesukarelawanan dalam berbagai berbagai instansi dari penyelenggara pemilu, stakeholder, Pemerintah, bahkan masyarakat.


Selanjutnya Gogot menegaskan solidaritas, kerelawanan dan pengenalan budaya, kearifan local. Setelah berbagai sambutan KPU melangsungkan penandatanganan berita acara serah terima bendera partai politik Pemilu 2024 dan diakhiri dengan penyerahan piagam bagi seluruh FORKOPIMDA termasuk Bawaslu Kabupaten Malang. Rangkaian acara tersebut diakhiri dengan tari Gambyong dan pelepasan Kirab dilepas oleh ketua KPU Anis Suhartini.