Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Malang Adakan Rapat Evaluasi Untuk Optimalkan Pemutakhiran Daftar Pemilih Untuk Pemilu 2024

Anggota Bawaslu RI, Totok Totok Hariyono, SH bersama Ketua Bawaslu Kabupaten Malang, Koordinator Divisi, dan Panwascam

Malang, (Bawaslu Kabupaten Malang) – Dalam rangka memastikan kelancaran dan integritas pelaksanaan Pemilu 2024, Bawaslu Malang kembali mengadakan rapat evaluasi yang bertujuan untuk mengoptimalkan proses pemutakhiran daftar pemilih. Kegiatan ini diadakan pada tanggal 23 s.d 24 Desember 2023 di Aria Gajayana Hotel, Malang.

Kegiatan ini khusus diarahkan kepada panwascam se kabupaten malang untuk mengevaluasi dan meninjau proses pemutakhiran daftar pemilih yang telah dilakukan serta mengidentifikasi potensi perbaikan yang dapat diterapkan. 

Rapat ini bertujuan untuk memastikan bahwa daftar pemilih Pemilu 2024 menghasilkan data yang akurat, terkini, dan representatif dari pemilih yang berhak memberikan suara.

Hadir dalam kegiatan ini Ketua Bawaslu Kabupaten Malang, Mohammad Wahyudi, SE.M.Sos, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Data dan Informasi, Abdul Allam Amrullah, dan Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyaratak, dan Humas, Muhamad Hazairin.

Turut hadir Anggota Bawaslu RI, Totok Hariyono, SH pada hari terakhir kegiatan sekaligus menutup secara resmi kegiatan rapat evaluasi pemutakhiran daftar pemilih. Dalam sambutannya ia mengungkapkan bahwa bawaslu memiliki kewajiban dalam pengawasan, pencegahan, dan penindakan. 

Pengawasan merupakan kewajiban Bawaslu untuk memantau dan menilai setiap tahapan pelaksanaan pemilihan umum. Untuk pencegahan, bawaslu harus melakukan pencegahan untuk mencegah kemungkinan-kemungkinan potensi terjadinya pelanggaran atau ketidakberesan dalam pelaksanaan pemilihan dan jika benar ditemukan adanya pelanggaran barulah Bawaslu melakukan penindakan.

“Kita harus berdiri digarda terdepan untuk mengawasi, dan kita tidak boleh melampaui kewenangan itu” tegasnya saat menutup acara kemarin.

Dengan adanya rapat evaluasi tersebut, diharapkan semua pihak terlibat dan dapat berkontribusi dalam menjaga integritas pemilihan, memastikan partisipasi maksimal warga yang berhak, dan memberikan landasan yang kuat bagi pelaksanaan Pemilu 2024 yang demokratis dan berkualitas.

Penulis : Ririn Puji Lestari

Foto : Nabilla Dzikri Azhari