Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Malang Gelar Rapat Koordinasi Terkait Pengawasan Logistik Pemilu 2024

Ketua Bawaslu Kabupaten Malang dan Ketua KPU Kabupaten Malang sebagai narasumber

Lawang, (Bawaslu Kabupaten Malang) – Dalam menghadapi Pemilihan Umum 2024, persiapan pengawasan logistik memegang peran sentral dalam menjamin kelancaran dan keberhasilan proses demokrasi.

Kegiatan ini mencerminkan strategi yang komprehensif untuk menjamin kelancaran seluruh tahapan persiapan, distribusi, dan pemanfaatan logistik terkait dengan pelaksanaan pemilu. Mulai dari perencanaan logistik hingga pelaksanaan distribusi dan penggunaannya, setiap langkah diawasi dengan cermat untuk meminimalkan risiko dan meningkatkan akuntabilitas.

Anis Suhartini, ST selaku Ketua KPU Kabupaten Malang, mengungkapkan bahwa seluruh jenis pengadaan terkait logistik dilakukan sesuai dengan kewenangan yang telah ditetapkan oleh undang-undang dengan menerapkan prinsip-prinsip pengadaan yang efisien, efektif, transparan, terbuka, bersaing, adil dan akuntable.

“Sekretariat Jenderal KPU, ditingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota perlu melakukan pemantauan pengadaan mulai dari proses produksi, penyortiran hasil produksi, penghitungan hasil produksi, pengepakan hasil produksi, dan penyimpanan hasil produksi. Dalam hal pengawasan KPU dan Bawaslu dapat andil didalamnya”.

Anis juga mengungkapkan saat ini baru masuk tahapan I yakni produksi dan distribusi ke KPU Kab/Kota meliputi kotak suara, bilik suara, segel plastik, tinta, dan segel. Dan akan masuk tahapan II setelah penetapan daftar calon tetap (DCT) karna didalamnya meliputi surat suara, sampul, formular, serta daftar pasangan calon dan daftar calon tetap.

Dalam rangka mendukung seluruh rangkaian pengawasan dan pengaman pemilu, dalam kegiatan kemarin turut hadir IPDA Boy Surindra selaku Pama Satintelkam Polres Malang.

Ia mengungkapkan bahwa Polres Malang telah dan akan melakukan beberapa kegiatan seperti operasi nusantara cooling system, operasi mantap brata, penegakan hukum terpadu (Gakkumdu) dan operasi kontijensi. Seluruh kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan keamanan, kelancaran, dan ketertiban pada setiap tahapan Pemilu.

 

Dengan pendekatan yang matang dan kolaborasi yang erat antara berbagai pihak terkait, persiapan pengawasan logistik untuk Pemilihan Umum 2024 diarahkan dapat menciptakan lingkungan yang adil, transparan, dan dapat dipercaya selama proses pemilihan.

Penulis dan Foto : Ririn Puji Lestari

Editor : Nabilla Dzikri Azhari