Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Malang Gelar Sosialisasi Aturan Kampanye Pemilu 2024 Kepada Partai Politik Di Kabupaten Malang

Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyrakat dan Humas saat memberikan sambutan

Kepanjen, (Bawaslu Kabupaten Malang) – Mengingat Pemilu 2024 semakin dekat dan berjalannya tahapan kampanye, Bawaslu Kabupaten Malang mengambil langkah inisiatif untuk menyelenggarakan Sosialisasi Peraturan Pengawasan Kampanye Pemilihan Umum Tahun 2024.

Koordinasi ini melibatkan Bawaslu Kabupaten Malang bersama Stakeholder, peserta Pemilu yang meliputi 18 partai politik dan seluruh elemen dalam rangka menyongsong tahapan kampanye Pemilu tahun 2024.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis, 30 November 2023 di Sekretariat Bawaslu Kabupaten Malang. Adapun, pemateri pada kegiatan ini meliputi Polres Malang, Satpol PP, Kabupaten Malang, KPU Kabupaten Malang, dan Anggota Bawaslu Kabupaten Malang.

Pada penyampaian materi, KPU lebih fokus dalam metode kampanye Pemilu 2024 yang menekankan bahwa metode kampanye saat ini lebih spesifik di pertemuan terbatas. Pertemuan terbatas ini secara umum dihadiri tidak lebih dari 1000 orang. Tak hanya itu, KPU juga menjelaskan secara rinci mengenai tatap muka, rapat umum, hingga pemasangan APK yang tidak melanggar aturan.

Di samping itu, Polres Malang memaparkan bahwa terdapat beberapa kerawanan kampanye antara lain, kampanye terselubung di luar jadwal dan dikemas dengan giat masyarakat atau giat blusukan di tempat umum yang ramai seperti pasar, mall, dan tempat wisata, lalu fasilitas/inventaris dinas digunakan untuk kampanye, serta tempat ibadah dan acara peribadatan digunakan sebagai ajang kampanye.

Adapun, diadakannya koordinasi ini bertujuan agar nantinya para peserta pemilu memahami secara mendalam terkait aturan-aturan kampanye dan juga menghindari terjadinya pelanggaran demi menciptakan kampanye dan pemilu yang berintegritas.

Dengan terselenggaranya koordinasi ini, Bawaslu Kabupaten Malang berharap bahwa pemilu dan kampanye berjalan dengan sebaik mungkin.

Penulis dan Foto : Ririn Puji Lestari

Editor : Nabilla Dzikri Azhari