Lompat ke isi utama

Berita

Harmonisasi Bersama: Bawaslu Provinsi Jawa Timur dan Kabupaten Malang Menggelar Kegiatan TOT Pengawasan Pemilu untuk Karang Taruna Kecamatan

Foto bersama peserta TOT dan Narasumber

Dau, (Bawaslu Kabupaten Malang) – Mengingat Pemilu 2024 semakin dekat, Bawaslu Provinsi Jawa Timur bekerjasama dengan Bawaslu Provinsi Kabupaten Malang mengelar kegiatan Training of Trainer (ToT) dengan tema “Implementasi Modul Pengawasan Pemilu Partisipatif Mengawal Pemilu Demokratis dan Bermartabat” di dua tempat sekaligus yakni di Desa Codo Kecamatan Wajak dan Desa Mulyoagung Kecamatan Dau pada tanggal 14 November 2023.

Peserta dalam kegiatan ini berasal dari kelompok karang taruna kecamatan. Peserta mendapatkan materi dan bimbingan terkait edukasi kepemiluan terutama fokus pada isu Politik Uang dan Politisasi SARA yang disampaikan oleh rekan-rekan hebat Alumni Pendidikan Pengawas Partisipatif (P2P). Tak hanya itu, MAFINDO juga menjadi pemateri dalam kegiatan ini tentang cara menghindari informasi palsu (hoax) dan menguji keaslian berita yang tersebar di masyarakat.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Kabupaten Malang dan Data Informasi yakni Abdul Allam Amrullah dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih dan berharap agar peserta ToT yang hadir dapat menjadi perpanjangan tangan Bawaslu dalam menyampaikan informasi terkait Pemilu di kecamatan dan komunitas lainnya.

Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Timur, Eka Rahmawati yang juga turut hadir dalam kegiatan di Dau berharap bahwa para peserta dapat menjadi aktor lokal/sumber informasi setempat terkait pengawasan Pemilu, dan kegiatan ini bisa memberikan ilmu dan kedepannya jika ada pelanggaran, karang taruna dapat mengetahui apa yang harus dilakukan untuk menyampaikan ke masyarakat sekitar.

“Kegiatan ini untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat, agar masyarakat tau bagaimana cara mengawal pemilu itu sendiri, karna masyarakat memiliki hak tinggi, karna ini ruangnya rakyat,” tutupnya.

Penulis dan Foto : Ririn Puji Lestari

Editor : Nabilla Dzikri Azhari