Lompat ke isi utama

Berita

Meningkatkan Efisiensi : Bawaslu Malang Pimpin Revitalisasi Tata Naskah Dinas dan Pengelolaan Arsip Panwaslu Kecamatan Se Kabupaten Malang

Foto bersama Anggota Bawaslu Kabupaten Malang dan Panwascam

Dau, Bawaslu Kab Malang - Dalam menciptakan pola klasifikasi arsip yang baik, Bawaslu Kabupaten Malang lakukan koordinasi tata naskah dinas dan pengelolaan arsip bagi 33 Panwaslu Kecamatan di Kabupaten Malang yang diadakan selama 2 (dua) hari mulai 12 s.d 13 Oktober 2023 di Rayz UMM Hotel Malang. (12 s.d 13/10/2023)

Kegiatan ini dipelopori oleh Divisi SDMO dan Diklat Bawaslu Kabupaten Malang dan di pimpin langsung oleh Kurniansjah Hari Cahyono selaku Koordinator Divisi SDMO dan Diklat dan dihadiri oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Malang, Muhammad Wahyudi., Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Data dan Informasi, Abdul Allam Amrullah., dan Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa, Tobias Gula Aran.

Dalam sambutannya Wahyudi mengungkapkan bahwa tata naskah dan pengelolaan arsip memiliki peran penting. Tata naskah tersebut akan menjadi dokumen resmiĀ 
karna Panwaslu Kecamatan juga memegang peranan penting dalam menjaga catatan dan dokumen terkait pemilihan. Koordinasi yang baik dalam hal ini mencakup penyusunan, penataan, serta pemeliharaan arsip secara terstruktur.

Kegiatan ini menghadiri 2 (dua) narasumber yakni, Neny Fitrin., selaku Manajer Jawa Pos Radar Kanjuruhan dan Muhammad Imron, M.AP., selaku Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Unira Malang.

Dalam materinya Neny menyampaikan terkait Manajemen Kearsipan Dalam Media Publik sedangkan Imron terkait Teori dan Sistem Kearsipan. Dimana dua hal ini memiliki peranan yang sangat penting. Arsip yang terdokumentasi dengan baik adalah bukti dari aktivitas Panwaslu, yang dapat diakses oleh pihak yang berkepentingan, seperti pihak berwenang, lembaga pemantau pemilu, dan masyarakat sipil.

Dengan demikian, koordinasi tata naskah dinas dan pengelolaan arsip Panwaslu Kecamatan adalah langkah esensial dalam mendukung peran dan fungsi Panwaslu dalam menjaga proses pemilihan umum yang bersih, adil, dan transparan.

Penulis dan Foto : Ririn Puji Lestari

Editor : Nabilla Dzikri Azhari