Lompat ke isi utama

Berita

Optimalisasi Kapasitas Pengawasan Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Malang dalam Pemilihan Serentak 2024 Sesuai Perbawaslu 6 Tahun 2024

kegiatan pembukaan

MALANG - Sebagai upaya dalam penguatan kapasitas pengawasan, Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Malang, Mohammad Wahyudi, secara resmi membuka kegiatan Penguatan Kapasitas Pengawasan bagi Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Malang dalam rangka Pemilihan Serentak Tahun 2024. Acara ini berlangsung di Shanaya Resort Malang yang diselenggarakan selama 2 (dua) hari. (20-21/08/2-24)

Dalam sambutannya, Wahyudi menekankan pentingnya kesiapan para pengawas dalam menghadapi dinamika dan tantangan baru yang mungkin muncul selama proses pemilu. 

"Sebagai penyelenggara, kita harus terus menghadapi hal-hal baru dengan sikap yang tidak kaget dan melaksanakan kebijakan tanpa syarat, serta memanfaatkan instrumen-instrumen yang tersedia," ujar Wahyudi.

Setelah kegiatan resmi dibuka, selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber Erna Magfiroh, S.T., selaku anggota Bawaslu Kota Malang periode 2018-2023 yang mengisi sesi tentang "Dinamika Internal sebagai Sumber Keretakan Tim.

Erna yang pernah menjabat pada divisi SDM Organisasi, membagikan wawasan penting mengenai bagaimana masalah internal dapat mempengaruhi kinerja tim.

Acara yang dihadiri oleh seluruh Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Malang serta para Kepala Sekretariat ini bertujuan untuk memperkuat kapasitas pengawasan sesuai dengan Peraturan Bawaslu Nomor 6 Tahun 2024. 

Wahyudi berharap melalui kegiatan ini, proses pengawasan pemilu dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan regulasi yang berlaku.

"Kami berharap kegiatan ini mampu meningkatkan kemampuan dan kesiapan jajaran pengawas di tingkat kecamatan, sehingga pengawasan pemilu dapat berjalan dengan efektif dan efisien," tambah Wahyudi.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan Bawaslu Kabupaten Malang dan seluruh jajaran pengawas di tingkat kecamatan dapat semakin solid dan siap dalam menjalankan tugas pengawasan pemilu yang semakin kompleks dan penuh tantangan.

Penulis : Fitria Zida
Editor : Ririn & Alfena