Lompat ke isi utama

Berita

Optimalisasi Publikasi & Konten Kehumasan Bawaslu Malang Ikuti Pelatihan Pengelolaan Kehumasan

Foto bersama Anggota Bawaslu Ibu Lolly Suhenty, S.Sos.I., M.H dan Peserta Rakernis

Jakarta, (Bawaslu Kabupaten Malang) – Dalam upaya memperkuat kehadiran dan efektivitas di dunia publikasi, Bawaslu RI menyelenggarakan kegiatan Rapat Kerja Teknis Pengelolaan Kehumasan bagi staf Humas Provinsi, dan Kabupaten/Kota dari seluruh Indonesi yang diadakan di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta selama 3 (tiga) hari dari 18 s.d 20 Desember 2023.

Deputi Bidang Administrasi, Bapak Drs. Ferdinand Eskol Tiar Sirait, M.H., M.E., M.Si. Dalam sambutannya ia mengungkapkan tujuan diadakannya Rapat Kerja Teknis ini ialah untuk memberikan pemahaman terkait cara-cara dan strategi dalam menciptakan publikasi/video pendek sebagai alterntif untuk menghidupkan nama Bawaslu dan membangun citra positif Bawaslu melalui video edukasi, agar masyarakat bisa melihat kinerja dari Bawaslu itu nyata.

“Publik perlu kita beri edukasi, dengan sistem kerja cepat dan tepat sehingga akurat. Kita tidak boleh meninggalkan informasi yang berseliweran sekecil apapun. Kehumasan yang baik yakni Bawaslu dapat memberikan upaya edukasi, transformasi dan informasi yang akurat.” ungkapnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa konten-konten kreatif pada masa tahapan kampanye saat ini sangat dibutuhkan untuk membangun kesadaran masyarakat terkait pentingnya pemahaman akan politik uang, isu-isu sara, netralitas ASN dan sebagainya.

Lolly Suhenty, S.Sos.I., M.H. selaku Anggota Bawaslu RI juga menambahkan bahwa pertarungan yang nyata itu yaitu pertarungan dengan dunia maya, ditambah pada masa tahapan kampanye seperti saat sekarang ini. 

Staf Humas berada digarda terdepan yang akan bertarung dengan komentar-komentar dari netizen baik negatif dan positif. Ia menambahkan staf Humas harus memiliki mental yang kuat, memahami segala regulasi yang ada, dan mempunyai daya kreativitas yang tinggi.

Hadir sebanyak 5 (lima) narasumber hebat dalam kegiatan ini antara lain Dr Andari Karina Anom (Akademisi, mantan Jurnalis Tempo); Berdit Zanzabella (Penyiar TVRI, Akademisi, Konten Kreator); Andre Josua Deneam Simanjuntak (Konten Creator/Kumparan); Aditya Pramana (Konten Kreator); dan Maulana Fadillah (Senior Copywriter/Tokopedia);

Selain mendapatkan pemaparan materi dari para narasumber, peserta rapat juga dlibatkan langsung dalam praktik pembuatan video pendek dengan mengacu pada materi-materi yang telah diberikan sebelumnya.

Bawaslu RI berharap, Bawaslu Provinsi, dan Kabupaten/Kota dapat lebih efektif dalam menyampaikan informasi, mengajak partisipasi publik, dan membangun pemahaman yang lebih baik mengenai peran lembaga dalam menjaga integritas dan demokrasi di tingkat nasional.

 

Penulis : Ririn Puji Lestari

Foto : Humas RI

Editor : Nabilla Dzikri Azhari