Lompat ke isi utama

Berita

Pemilu Damai di Malang Raya: Membangun Kesadaran Publik Tanpa Terjerat Hoax

Dokumentasi Dialog Interaktif Malang City Guide

KEPANJEN, Bawaslu Kabupaten Malang - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Malang ikuti acara dialog interaktif bertema "Pemilu di Malang Raya Tanpa Hoax” yang digelar oleh Radio City Guide 911 pada Senin, (15/01/2024) yang diselenggakan melalui Zoom Meeting. Acara ini diinisiasi sebagai bagian dari upaya pencegahan penyebaran informasi palsu yang dapat mengancam integritas pemilihan umum mendatang.

Pada kesempatan ini, Ketua Bawaslu Kabupaten Malang, Mohammad Wahyudi, S.E., M.Sos menyampaikan tujuan utama dari dialog ini adalah memberikan pemahaman yang lebih baik kepada masyarakat tentang pentingnya berpartisipasi dalam proses demokrasi tanpa terpengaruh oleh berita palsu atau hoax. "Kami berkomitmen untuk menciptakan Pemilu yang bersih dan berkualitas. Dialog ini diharapkan menjadi sarana untuk meningkatkan literasi politik dan menyebarkan informasi yang benar kepada masyarakat," ujar Wahyudi.

Pada sesi tanya jawab, peserta dialog aktif bertanya tentang berbagai hal terkait Pemilu, mulai dari mekanisme pengawasan, hingga tindakan yang dapat diambil masyarakat untuk mencegah penyebaran hoaks. Ketua Bawaslu Kabupaten Malang memberikan jawaban yang terperinci dan transparan, menegaskan komitmen mereka untuk memberikan informasi yang akurat dan dapat dipercaya. 

Dalam hal ini, Bawaslu Kabupaten Malang juga membentuk tim fasilitasi pengawasan SIBER guna mengawasi isu-isu Pemilu yang terdapat pada platform media social. Dengan dialog ini, diharapkan masyarakat Malang Raya dapat terhindar dari dampak negatif yang ditimbulkan oleh hoaks dan mampu menghadapi Pemilu dengan pemahaman yang lebih mendalam.

Dokumentasi Dialog Interaktif RRI

Penulis dan Foto : Nabilla Dzikri Azhari 

Editor : Ririn Puji Lestari