Lompat ke isi utama

Berita

Penguatan Rumah Data: Dwi Endah, Koordinator Divisi Humas dan Data Informasi Bawaslu Jatim, Hadir dalam Rapat Koordinasi Bagi Panwascam Malang

Foto Bersama

DAU - Data dan informasi adalah elemen kunci yang mendukung keberhasilan sebuah lembaga atau organisasi. Penggunaan data yang efektif akan mendorong peningkatan kapablitas lembaga dalam kerja-kerja pengawasan

Dalam upaya memperkuat pengelolaan dan pemanfaatan data pada tahapan Pemilihan kali ini, Dwi Endah Prasetyowati, Koordinator Divisi Data dan Informasi Bawaslu Provinsi Jawa Timur, hadir dalam Rapat Koordinasi Rumah Data bagi Panwaslu Kecamatan Malang di Rayz UMM Hotel Malang pada Selasa (3/9/2024).

Kehadiran Endah memberikan kesempatan berharga bagi para peserta untuk mendapatkan wawasan mendalam tentang pentingnya pengelolaan data yang efektif serta strategi dalam memanfaatkan Rumah Data untuk meningkatkan kinerja pengawasan.

Endah menjelaskan bahwa Rumah Data memiliki peranan krusial dalam menyimpan hasil pengawasan, sehingga sebagai seorang panitia pengawas pemilu harus paham dan patuh dalam melaksanakan dokumentasi pengawasan.

"Rumah Data ini menunjukkan kinerja kita sebagai pengawas. Kita harus bisa membuat Form A yang sesuai dengan kaidah dan mudah dipahami, serta semua bentuk kerja-kerja pengawasan harus dijabarkan sesuai fakta di lapangan," tegasnya.

Endah juga menambahkan bahwa rumah data menjadi komitmen bersama, serta bentuk dokumen yang dapat dipertanggung jawabkan baik dari tingkat PTPS, PKD, Kecamatan, Kabupaten/Kota dan Provinsi.

Dengan arahan dan saran dari beliau, diharapkan Panwaslu Kecamatan di Kabupaten Malang dapat lebih terampil dalam mengelola data dan membuat keputusan yang lebih baik, sehingga proses pengawasan pemilu dapat berjalan lebih optimal.

Penulis : Ririn Puji Lestari