Lompat ke isi utama

Berita

Perluas Jangkauan Demokrasi: Pendaftaran Anggota Baru Panwaslu Kecamatan Dibuka

Pendaftaran Baru Panwascam

Kepanjen, Bawaslu Kabupaten Malang – Pada hari Minggu, 5 Mei 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Malang menggelar pendaftaran peserta baru yang mana diperuntukkan untuk panwaslu kecamatan. Lowongan posisi tersebut hanya untuk 6 kecamatan di Kabupaten Malang. Kecamatan yang membutuhkan anggota yakni pada kecamatan Bululawang, Kepanjen, Pakisaji, Singosari, Turen, dan Wagir. Kegiatan ini merupakan kegiatan pada hari pertama pada tahapan pendaftaran peserta baru. Staf Bawaslu Kabupaten Malang dengan semangat dan antusiasmenya yang tinggi, menyambut dengan hangat kedatangan para peserta pendaftar baru untuk panwaslu kecamatan.

            Pada hari pertama ini, tanggal 5 Mei 2024, terdapat 1 peserta pendaftar baru panwaslu kecamatan. Beliau berasal dari kecamatan Singosari. Pendaftar tersebut memiliki latar belakang bahwasannya pendaftar tersebut memiliki pengalaman kerja dalam bidang kepemiluan sebagai Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD). Pendaftar tersebut datang dengan membawa persyaratan yang ada sesuai dengan kebutuhan kriteria dari Bawaslu Kabupaten Malang.

            Pada hari kedua dari kegiatan pendaftaran ini, yang mana dilaksanakan pada Senin, 6 Mei 2024, kegiatan berjalan dengan penuh antusiasme yang tinggi dari peserta pendaftar baru panwaslu kecamatan, tidak lupa dari staf Bawaslu Kabupaten Malang untuk menyambut hangat para pendaftar. Alur dari pendaftaran peserta baru panwaslu kecamatan antara lain para pendaftar datang ke kantor sekretariat Bawaslu Kabupaten Malang dengan membawa berkas persyaratan. Berkas persyaratan tersebut di antaranya adalah surat lamaran pendaftaran, daftar Riwayat hidup, pas foto, foto copy ijazah terakhir, surat keterangan sehat, surat bebas dari penyalahgunaan narkotika dan sejenisnya, surat izin atasan langsung, dan surat pernyataan bermaterai. Dengan membawa persyaratan tersebut, pendaftar diarahkan untuk melakukan pengisian daftar hadir yang selanjutnya dilakukan pengecekan kelengkapan berkas persyaratan. Begitu pula dilakukan pada hari pertama dan hari terakhir masa pendaftaran peserta baru panwaslu kecamatan Kabupaten Malang.

            Selanjutnya pada hari ketiga yang berlangsung pada tanggal 7 Mei 2024, kegiatan pendaftaran dimulai pada pukul 09.00. Perlu diketahui bahwa pendaftar dapat mendaftar sebagai calon panwaslu kecamatan dengan melalui dua cara yaitu lewat online dan offline. Apabila melalui online, maka pendaftar dapat mengirimkan berkas melalui email khusus untuk rekrutmen. Sementara apabila offline, pendaftar dapat mendaftar secara langsung di kantor Bawaslu Kabupaten Malang dengan menyerahkan berkas-berkas sesuai ketentuan.

Penulis 1: Alfena Sherlya Putri Permata

Penulis 2: Azzahra Cahya Citra

Editor : Nabilla Dzikri Azhari