Lompat ke isi utama

Berita

Abhan Minta Jajaran Bawaslu Siapkan Form A sebagai Bahan Keterangan Tertulis PHP

Abhan Minta Jajaran Bawaslu Siapkan Form A sebagai Bahan Keterangan Tertulis PHP

Jakarta, Badan Pengawas Pemilihan Umum - Ketua Bawaslu Abhan meminta jajaran Bawaslu Provinsi, Kabupaten/Kota menyiapkan formulir model A laporan hasil pengawasan (form A) sebagai bahan untuk menyusun keterangan tertulis jika ada sengketa perselisihan hasil pemilihan (PHP) di Mahkamah Konstitusi (MK).

Hal itu disampaikan Abhan saat menutup acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Keterangan Tertulis Dalam Persiapan Menghadapi Sidang PHP Tahun 2020 Angkatan III, di Jakarta, Selasa (3/11/2020).

"Kita Bawaslu sebagai pemberi keterangan di MK harus mempersiapkan segalanya. Dan yang disampaikan form A hasil pengawasan," ucapnya.

Alasannya ungkap Abhan, form A hasil pengawasan sangat penting. Form A akan mempermudah keterangan Bawaslu di hadapan Majelis MK saat sidang PHP.

Maka dari itu lanjut Abhan, Divisi Hukum Bawaslu sebagai leading sector dalam menangani perselisihan hasil pemilihan di MK, harus berkoordinasi dengan dua divisi laiinya, yakni divisi pengawasan dan penindakan Bawaslu.

"Karena dari hasil koordinasi dengan 2 divisi itulah baru kita bisa menjelaskan. Sebab form A sangat menentukan ketetangan kita," tegasnya.

Editor: Jaa Pradana