Lompat ke isi utama

Berita

Cegah Penyebaran Berita Hoax Jelang Kampanye, Bawaslu Audiensi dengan Mafindo

Foto Bersama Anggota Mafindo

Kepajen, Bawaslu Kabupaten MalangMenjelang masa pelaksanaan kampanye Pemilihan Umum Tahun 2024 yang ditetapkan pada tanggal 28 November 2023 mendatang, Bawaslu Kabupaten Malang lakukan audensi dengan MAFINDO (Masyarakat Anti Fitnah Indonesia). Mafindo sendiri merupakan organisasi masyarakat pengecek fakta yang awalnya didirikan di Yogyakarta pada 2016 lalu yang kemudian mulai berkembang pada Tahun 2020 pada masa pandemi covid-19 karena maraknya isu atau berita hoax terkait vaksinasi.

Kegiatan audiensi ini merupakan salah satu implementasi dari perjanjian kerjasama (MoU) yang dilakukan oleh MAFINDO tingkat pusat dengan BAWASLU Republik Indonesia. Muhamad Hazairin selaku Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Kabupaten Malang menyambut baik kedatangan MAFINDO pada Kamis, (02/11/2023).

“Mungkin kedepan kita akan libatkan MAFINDO dalam beberapa kegiatan yang akan kita laksanakan pada bulan ini” Ucap Hazairin.

Dalam hal ini, Hazairin juga menyampaikan bahwa selain menindaklanjuti MoU dari Bawaslu Republik Indonesia dengan MAFINDO, pertemuan ini juga merupakan langkah awal sebagai bentuk pencegahan Bawaslu Kabupaten Malang dalam memberantas Politisasi Sarra dan Isu Berita Hoax menjelang Kampanye Pemilihan Umum Tahun 2024.

Penulis dan Foto : Ririn Puji Lestari

Editor : Nabilla Dzikri Azhari