Lompat ke isi utama

Berita

Tindak Lanjuti Pemetaan Kerawanan Bawaslu, Dispendukcapil Kabupaten Malang Jemput Bola Perekaman Pemilih Pemula

Perekaman KTP di sekolah-sekolah

MALANG – Dalam rangka persiapan Pemilihan Serentak 2024, Bawaslu Kabupaten Malang berhasil mengadakan peluncuran dan sosialisasi terkait Pemetaan Kerawanan Pemilihan untuk wilayah Kabupaten Malang pada minggu lalu.. 

Salah satu isu yang tercatat dalam pemetaan kerawanan oleh Bawaslu adalah rendahnya partisipasi pemilih pemula, yang disebabkan oleh belum adanya identitas diri atau kartu tanda penduduk (KTP).

Suyatno, sebagai perwakilan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Malang yang hadir dalam sosialisasi, menyatakan bahwa Dispendukcapil siap berperan aktif dalam mempercepat proses perekaman dan pencetakan KTP bagi pemilih pemula di wilayah Kabupaten Malang.

Untuk mendukung suksesnya Pemilihan Serentak 2024, Dispendukcapil Kabupaten Malang melakukan perekaman KTP dengan cara jemput bola ke sekolah-sekolah.

"Ini merupakan realiasi awal dari sosialisasi kerawanan pemilihan kemarin", ujar Suyatno saat menghubungi melalui WhatsApp.

Suyatno juga menjelaskan dalam kegiatan minggu lalu bahwa masyarakat, terutama remaja yang baru berusia 17 tahun, dapat langsung mendatangi kantor kecamatan masing-masing untuk melakukan perekaman.

Semoga dengan adanya program ini, jumlah partisipatif pemilih pemula di wilayah Kabupaten Malang dapat semakin meningkat.

Penulis : Ririn

Editor : Ririn